Cemal Cemil Di Kota Bogor


Hallo, foodies!! I’m back again. Masih ngomongin tentang Kota Bogor, nih. Kalau sebelumnya aku membahas tentang bistro terbaru di Bogor, nah kali ini aku mau kasih tahu ke kamu jajanan yang wajib kamu coba pas datang ke kota hujan ini.

Mungkin sebagian besar dari foodies sudah tahu makanan khas Bogor seperti asinan Bogor, roti unyil Venus, soto mie Bogor, dan toge goreng. Bagaimana kalau surabi duren, es sekoteng, sop duren, dan laksa bogor? Penasaran kan, yuk ikuti perjalanan kuliner ku di Bogor!

Apa yang ada dipikiran kamu saat melihat gambar es tersebut? Pasti kalian fikir ini es buah biasa kan. Ini bukan es buah yang biasanya kamu makan saat buka puasa. Es ini namanya Es Sekoteng. Isinya ada kelapa muda, mutiara merah, nangka, alpukat, dan di atasnya diberi es batu plus susu kental manis. 
Yummyy!! Bikin ngiler kan?? Hahahaha... Kedai es sekoteng ini berada di Bogor Permai tepat bersebelahan dengan penjual toge goreng.

Jajanan berikutnya masih berhubungan dengan es. Siapa yang suka duren? Wah, pasti banyak yang tunjuk tangan nih. Hahaha... Ini dia jajanan yang pas buat kamu pecinta duren. Jajanan ini lagi nge-hits banget lho di Bogor. Yup, Sop Duren Lodaya. Awal mulanya kedai sop duren ini berada di jalan Lodaya, that’s why diberi nama Sop Duren Lodaya, dan karena semakin banyak peminatnya jadi kedai ini buka cabang diberbagai daerah Kota Bogor. Salah satu kedai yang paling ramai dikunjungi yaitu di Jl. Bangbarung, Perumahan Indraprasta. Kamu bisa menikmati sop duren dengan berbagai macam pilihan toping seperti dengan brownis, anggur, buah-buahan, ketan hitam, dan keju parut plus susu kental manis.
Masih belum puas dengan sop duren? Tenang, aku masih punya satu jajanan asik yang berbahan dasar buah duren. Ssrrpp!! Taraaaaaa, perkenalkan ini adalah surabi duren
Duren polos
Duren keju


Makanan ini terkenal banget, lho. Kedai surabi duren yang berada di Jl. Sukasari 1 ini nggak pernah sepi pengunjung, apalagi kalau malam Minggu, wah semakin ramai pengunjungnya. Buat kamu yang ingin mencoba surabi dengan toping selain duren bisa kok, tinggal pilih mau toping yang manis atau asin.
Oncom mayones
Ayam keju mayones
Nah, ini nih makanan khas Bogor yang paling terkenal di seluruh Indonesia, Laksa Bogor. Rasanya Indonesia banget, berasa bumbu rempahnya. Gurihnya laksa ini dicampur dengan ketupat, telur rebus, tahu kuning, dan taburan serundeng. Nikmaaaatttt banget rasanya!! Jajanan tersebut bisa kamu temui di daerah Surya Kencana, tepatnya di Gang Aut.

Pernah nggak kamu makan bakso yang di dalamnya ada kikil?! Yup, cuma di bakso kikil Pa Jaka foodies bisa menikmati kuah bakso yang hangat dan segar plus ditambah kikil yang empuk banget. Langsung aja deh dateng ke Surya Kencana, tepatnya di seberang ATM BCA, dan pas depan toko sport. Bakso kikil ini buka jam 12 siang dan habis kira-kira jam 4 sore. Tapi kalau weekend biasanya jam 2 aja udah ludessss...

Nggak jauh dari tempat bakso kikil, ada lagi nih foodies jajanan khas kota hujan. Namanya Soto Kuning Bogor Pak M. Yusuf . Di sini menyediakan berbagai macam isian soto kayak daging, paru, kikil, dan masih banyak lagi. Kuah sotonya gurih banget. Dijamin bakal ketagihan deh. Hihihi...

Selamat menjelajahi Kota Hujan, foodies ^__^

Comments